skip to Main Content
MARHABAN YA RAMADHAN

MARHABAN YA RAMADHAN

KHALIFAHBS-SUKABUMI

*01. MARHABAN YA RAMADHAN*

*A. Makna Ramadhan*

Ramadhan berasal dari kata _ro-ma-dho_, artinya membakar atau mengasah. Dinamai demikian, karena dosa-dosa manusia habis terbakar oleh puasa dan amal salehnya. Selain untuk membakar dosa, bulan tersebut juga untuk mengasah jiwa manusia agar lebih tajam dan peka.

*B. Keutamaan Bulan Ramadhan*

أَتَاكُمْ رَمَضَانُ سَيِّدُ الشُّهُوْرِ فَمَرْحَبًا بِهِ وَأَهْلًا. جَاءَ شَهْرُ الصِّيَامِ بِالْبَرَكَاتِ فَأَكْرِمْ بِهِ مِنْ زَائِرٍ هُوَ آتٍ.
_“Telah datang kepadamu bulan Ramadhan, penghulu segala bulan. Sampaikanlah selamat datang kepadanya. Telah datang bulan puasa dengan membawa segala keberkahan, maka alangkah mulianya tamu yang datang itu.”_ (HR. Thabrani).

قَدْ جَاءَكُمْ شَهْرٌ مُبَارَكٌ، اِفْتَرَضَ اللهُ عَلَيْكُمْ صِيَامَهُ، تُفْتَحُ فِيْهِ أَبْوَابُ الْجَنَّةِ وَتُغْلَقُ فِيْهِ أَبْوَابُ الْجَحِيْمِ وَتُغَلُّ فِيْهِ الشَّيَاطِيْنُ، فِيْهِ لَيْلَةٌ خَيْرٌ مِنْ أَلْفِ شَهْرٍ، مَنْ حُرِمَ خَيْرُهَا فَقَدْ حُرِمَ.
_“Sungguh telah datang kepada kalian bulan yang penuh berkah. Pada bulan itu, Allah mewajibkan kalian berpuasa. Pintu-pintu surga dibuka, pintu-pintu neraka ditutup, dan setan-setan dibelenggu. Padanya ada satu malam yang nilainya lebih baiak dari seribu bulan. Barangsiapa yang tidak diberikan kebaikan malam itu, maka sungguh tidak diberi kebajikan kepadanya.”_ (HR. Ahmad, Nasa-i dan Baihaqi).

*C. Persiapan Menyambut Ramadhan*

1. Persiapan Ruhiyah/Mental Spiritual ( اَلْإِعْدَادُ الرُّوْحِيّ ).

Yaitu dengan cara gembira hati, ikhlas dan berdo’a menyambut datangnya bulan Ramadhan, bulan yang penuh berkah.

اَللَّهُمَّ بَارِكْ لَنَا فِيْ رَجَبَ وَشَعْبَانَ وَبَلِّغْنَا رَمَضَانَ
_“Ya Allah, berkahilan kami di bulan Rajab dan Sya’ban, serta sampaikanlah usia kami pada Ramadhan.”_ (HR. Baihaqi dan Ahmad)

2. Persiapan Fikriyah/Intelektual ( اَلْإِعْدَادُ الْفِكْرِيّ ).

Yaitu dengan cara menambah ilmu dan pemahaman tentang perkara-perkara yang berkaitan dengan shaum dan amal-amal lain di bulan Ramadhan, agar efektif dan maksimal. Sehingga kita mendapatkan keberkahan yang melimpah, serta terhindar dari perbuatan yang sia-sia.

كَمْ مِنْ صَائِمٍ لَيْسَ لَهُ مِنْ صَوْمِهِ إِلاَّ الْجُوْعُ وَالْعَطَشُ.
_“Betapa banyak orang yang berpuasa tetapi tidak mendapatkan dari puasanya kecuali lapar dan haus saja”._ (HR. Nasa-i dan Ibnu Majah)

3. Persiapan Jasadiyah/Fisik ( اَلْإِعْدَادُ الْجَسَدِيّ ).

Yaitu dengan cara mempersiapkan fisik yang sehat dan bugar, serta mengobati penyakit-penyakit yang dapat mengganggu kekhusyukan shaum dan ibadah kita. Kita juga dianjurkan untuk memperbanyak shaum di bulan Sya’ban, yang diantara hikmahnya adalah sebagai persiapan (pemanasan) menghadapi shaum Ramadhan.

قَالَتْ عَائِشَةُ: مَا رَأَيْتُ رَسُوْلَ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ اِسْتَكْمَلَ صِيَامَ شَهْرٍ قَطُّ، إِلاَّ شَهْرَ رَمَضَانَ، وَمَا رَأَيْتُهُ فِيْ شَهْرٍ أَكْثَرَ مِنْهُ صِيَامًا فِيْ شَعْبَانَ.
_Aisyah ra. berkata: ”Aku tidak melihat Rasulullah saw. melakukan puasa dalam waktu sebulan penuh kecuali pada bulan Ramadhan, dan tidak satu bulan pun yang hari-harinya lebih banyak dipuasakan dari pada bulan Sya’ban.”_ (HR. Bukhari dan Muslim)

4. Persiapan Maliyah/Finansial ( اَلْإِعْدَادُ الْمَالِيّ )

Yaitu dengan cara mempersiapkan uang dan harta untuk memperbanyak infaq, sedekah, zakat, memberi buka puasa, dan membantu sesama. Bahkan, melaksanakan umrah ke Baitullah jika mampu.

كَانَ رَسُولُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ أَجْوَدَ النَّاسِ، وَكَانَ أَجْوَدَ مَا يَكُونُ فِى رَمَضَانَ
_“Rasulullah saw. adalah orang yang paling pemurah di bulan Ramadhan.”_ (HR. Bukhari)

عُمْرَةٌ فِيْ رَمَضَانَ تَعْدِلُ حِجَّةً مَعِيْ
_“Umrah pada bulan Ramadhan sepadan dengan ibadah haji bersamaku.”_ (HR. Bukhari dan Muslim)

5. Persiapan Ijtima’iyah/Sosial ( اَلْإِعْدَادُ اْلإِجْتِمَاعِيّ ).

Yaitu dengan cara mempersiapkan keluarga dan masyarakat untuk menyemarakkan bulan Ramadhan dengan berbagai kegiatan positif, dan menghindari kegiatan sia-sia. Termasuk di dalamnya adalah mempersiapkan anak-anak kita yang masih kecil untuk dilatih ibadah shaum.

Sumber tulisan:
_30 Bekal Dakwah Ramadhan_
Dudung Abdul Rahman.

_Sebarkan jika bermanfaat_

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back To Top
HUBUNGI KAMI VIA WHATSAPP