Sekarang kita tahu bahwa alam memiliki kekuatan untuk menyembuhkan. Lalu, apa yang harus dilakukan dan bagaimana memulainya?

Bagi kita yang tinggal di wilayah perkotaan, mungkin perlu waktu dan energi yang lebih banyak untuk merasakan sensasi alam.

Luangkan waktu kapan saja untuk bisa berada di alam. Baik hanya satu jam, satu hari di akhir pekan, atau lebih lama ketika pergi liburan. Sediakan waktu untuk menyembuhkan diri sendiri serta mengambil pelajaran dari alam.

Sebenarnya, menurut sebuah studi, menghabiskan waktu selama 20 menit di alam, sudah bisa mendapatkan manfaatnya. Namun, Anda harus benar-benar menikmati alam tanpa distraksi dari apa pun. Perhatikan daun-daun hijau di pohon, serta resapi kicau burung di sekitarnya.

Jika lingkungan rumah Anda sama sekali tidak memiliki unsur alam, pergilah ke taman kota. Saat berada di alam, kita bisa lebih rileks. Koneksi antara diri sendiri dan alam sangat intim dan universal: pohon menyediakan oksigen untuk kita hirup dan karbon dioksida yang kita lepaskan bermanfaat bagi pohon. Tarik napas dalam-dalam dan rileks, pahami bahwa kita merupakan bagian dari alam dan ia selalu siap menerima kita.