skip to Main Content
Catatan Musyrifah II ( SMP Khalifah Boarding School )

Catatan Musyrifah II ( SMP Khalifah Boarding School )

Khalifah BS-Sukabumi

Catatan ustadzah Rahma ( Musyrifah Khalifah Boarding School )

di kutip dari Buku ” 4 PILAR PENGASUHAN PONDOK ”

AT – TARBIYYAH

At-Tarbiyyah adalah proses-proses interaksi dalam upaya mengembangkan potensi seseorang yang dilakukan seseorang dilakukan secara berkelanjutan dan perlahan-perlahan hingga mencapai tingkat kesempurnaannya. Proses-proses interaksi tersebut disebut pengasuhan.

  1. Proses-proses interaksi, artinya fokus pada proses bukan hasil, karena hasil diluar kendali. Walaupun berat tetapi dengan menjamin mutu-mutu dalam proses interaksi tersebut, harapan mengenai hasil akan beasar dan berbanding lurus dengan proses ikhtiar.
  2. Berkelanjutan dan perlahanclahan artinya bertahap dan sedikit-sedikit. Faktor penentu kesuksesan adalah al-amal al-mutawashil (kerja yang berkesinambungan).
  3. Tingkat kesempurnaan, artinya target kerja pengasuhan jiwa. Ada 2 bagian yaitu :
  4. Aspek akal, memfasilitasi santri untuk mendapatkan ilmu pengetahuan dan kompetensi sesuai bakat dan potensi.
  5. Aspek jiwa dan raga, mendampingi santri melewato masa-masa kritis dalam hidupnya menuju manusia dewasa.

Maka dari itu, faktor utama keberhasilan mengasuh adalah seni memgendalikan emosi dan seni komunikasi yang dikategorikan kompetensi.

Pegasuh itu seperti petani. Perlakukan setiap anak sesuai keunikan karakter dan tumbuh kembangnya masing-masing, karena setiap anak merupakan bibit unggul. Kompetensi tadi yang menjadi jembatan antara keunikan dan realitas sampai pada konsep model manusia ideal.

Dituntut menjadi pengasuh ideal tidak mudah maka pengasuh wajib menuntut diri memiliki batas minimal kompetensi pengasuhan agar bisa menghadirkan kebaikan dalam pengasuhan.

Salah pola asuh ? Jangan sampai menjadi pembunuh karakter santri

Sedikit kesalahan dalam pengasuhan? Akibatnya fatal dan serius

Kompetensi pengaauhan ada 2 kategori :

  1. Kompetensi karakter, niat yg lurus, ruh terjaga, keteladanan.
  2. Kompetensi teknis, ilmu pengetahuan, gaya pengasuhan, teknik pengasuhan, komunikasi efektif dan teori tumbuh kembang anak

 

Mana yang lebih penting?

  1. Ruh guru
  2. Guru
  3. Metode
  4. Materi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back To Top
HUBUNGI KAMI VIA WHATSAPP