skip to Main Content

Cerpen Terbsaik Karya Santri KBS (Perjuangan Hidup)

TUGAS CERPEN

ZIYA

9 AL-GHAZALI

 

Perjuangan Hidup

Seorang anak laki­-laki berumur 9 tahun dia hidup bersama ibu nya, ayah nya telah lama meninggal karna sakit keras. Ucup adalah seorang anak laki-laki yang kuat yang berbakti kepada ibu nya. Ibu nya hanyalah seorang penganguran, ketika itu pegawai-pegawai di pabrik semuanya di keluarkan  karena pabrik itu sudah hampir bangkrut, semenjak itu ibu nya tidak bekerja lagi dia bingung mencari lowongan kerja kesana kemari tetap saja tidak ada.

Waktu itu ucup masih duduk di kelas 4 sd, dia harus berhenti karena ibu nya tidak memilki uang untuk membayar spp sekolah, ucup pun merasa bingung dan kasihan ‘’bu apakah aku harus berkerja’’.Tanya ucup ke pada ibu nya. ‘’tidak usah na kamu cukup diam di rumah saja.’’ Jawab ibu sambil mengusap kepalaku. Aku merasa kasihan kepada ibu yang sudah tua, aku pun memilih untuk mencari kerja tanpa sepengethuan ibu, dan akhir nya aku berjalan keluar rumah dan mencari lowongan kerja. Sesampai nya di pasar aku menanyakan kepada si bapa tukang sayuran, “pa ada lowongan kerja tidak untuk saya, saya ingin membantu ibu saya mencari uang’’. ‘’ada de, cuman ngangkatin sayuran ke mobil saya’’. Jawab si bapa tukang sayur sambil tersenyum kepada ku. ‘’ ya sudah pa tidak apa-apa ko’’. Aku menjawab nya kembali. Akh

Akhir nya ucup pun bekerja dengan penuh semangat untuk membantu ibu nya yang kesusahan mencari uang, beberapa hari kemudian ucup pun sakit parah karna terus terusan bekerja seharian penuh, ibu nya merasa curiga dengan ucup karena ucup setiap pulang selalu berkeringat lemas dan cape, akhirnya ibunya bertanya. ‘’ucup kenapa kamu kalo pulang selalu lemas berkeringat dan cape ‘’. Ucup bingung harus bilang apa. ‘’ hari hari ini aku bekerja di pasar bu, makan nya aku sakit begini’’, dan khirnya ucupun jujur dengan ibunya. ‘’ kenapa kamu bekerja ucup, ibukan sudah bilang jangan bekerja, kamu cukup diam di rumah saja belajar. Tanya ibu dengan nada yang tinggi. ‘’aku Cuma pengen bantu ibu ,aku gak mau ibu kesusahaan’’. Jawab kembali ucup dengan suara yang lemas karena sakit.

Beberapa hari kemudian sakit ucup bukan nya menjadi sembuh malah ucup menjadi tambah parah sakit nya, ibunya pun kebingungan harus bagai mana untuk berobat ucup, sedang kan ibu nya pun tidak bekerja tidak mempunyai penghasilan sama sekali,mau meminjam ketetangga nya,dia malu sudah beberapa kali meminjam ke tetangga nya. ‘’apakah aku harus meminjam lagi ke bu nina ya,tapi aku terlaru sering minjam dan hutang nya belum di bayar’’. Tanya ibu dalam hati, akhirnya ibu nyapun prustasi bingung dengan ke adaan anak nya yang harus makn, akhirnya ibu nya pun nekad memotong pahanya sendiri demi makan anak nya yang sakit keras,ibu itu mengambil pisau di dapur untuk memotong kaki nya dan mengambil se utas kain untuk di ikat di mulut nya agar menahan rasa jeritan dan sakit yang ibu rasakan,setelah itu ibu mengambil alkohol di lemari untuk di siramkan ke paha ibu.setelah beberapa lama kemudian ibu pingsan terbring di lantai dapur dan bangun kembali.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back To Top
HUBUNGI KAMI VIA WHATSAPP