skip to Main Content
MOMEN LIBURAN SMP KHALIFAH ( TRIP TO BANDUNG PANGANDARAN )

MOMEN LIBURAN SMP KHALIFAH ( TRIP TO BANDUNG PANGANDARAN )

Trip to Bandung Pangandaran

khalifah BS-Sukabumi

“Get Happier Life with Take Holiday Trip”
Berlibur adalah salah satu momen yang paling ditunggu oleh banyak orang meskipun bukan tidak mungkin ada orang-orang tertentu yang sengaja menghindari liburan, bisa jadi karena sudah kecanduan beraktifitas, dianggap hanya menghambur-hamburkan uang bahkan menganggap liburan itu bukan sesuatu yang penting serta banyak alasan lain.

Bagi kami para murid SMP Khalifah BS, liburan selain sebagai momen untuk refreshing dan bersenang-senang, liburan bisa menjadi sarana pembelajaran bagi kami. Banyak hal yang akan kami lihat, yang akan kami temukan yang sangat mungkin membawa kami pada instrospeksi diri, menemukan nilai-nilai kehidupan luhur yang mungkin belum pernah kami kenal. Selain itu, liburan bisa menjadi sarana pembelajaran yang berguna untuk ‘menggembleng’ kita menjadi manusia yang lebih tangguh dari hari ke hari, contoh nya dalam kunjngan kami ke museum Konferensi Asia Afrika.

( doc. di museum konferensi asia afrika )

kami mempunyai tradisi untuk berlibur dan telah menjadi agenda setiap tahun, sekolah kami akan pergi berlibur untuk menjernihkan pikiran serta belajar hal-hal baru. Destinasi liburan yang biasa kami pilih bukan destinasi wisata yang ber-budget selangit atau akan menghabiskan banyak uang. Sebaliknya, wisata yang kami pilih biasanya cukup ringan di kantong. Ditambah lagi, tempat yang kami pilih bukan tempat-tempat yang jauh. Sebaliknya, mengeksplorasi destinasi wisata yang ada di sekitar kita ternyata tidak kalah mengasyikkan.

( doc. perjalan menuju wisata green canyon )

Berlibur ke kota-kota besar, berbelanja dan berwisata kuliner menurut kami sama menariknya dengan berwisata ke tempat-tempat terpencil, kota kecil atau destinasi yang kurang populer seperti yang sering kami lakukan. Malah di tempat yang tidak biasa , kami lebih banyak belajar, mengerti hal-hal baru bahkan lebih banyak bersyukur akan nikmat yang sudah diberikan oleh Sang Pencipta. Sangat disayangkan jika momen-momen liburan tidak bisa ‘disarikan’ menjadi sebuah pengalaman yang berharga, bahkan saya bisa bilang rugi sekali apabila kita tidak menjumpai pengalaman-pengalaman baru yang dapat memberi hikmah dalam kehidupan kita.

( doc. tadabur alam di pantai Batu karas-Pangandaran )

Bagi kami  berlibur itu penting! Mengapa demikian? Liburan bukan hanya berbicara mengenai menghabiskan uang untuk belanja, beli oleh-oleh apa, sudah foto di mana saja, menginap di hotel mana atau sudah mencicipi makanan apa, tetapi lebih kepada apa yang bisa kita dapatkan dalam sebuah liburan yang memiliki nilai lebih dari sekadar belanjaan, oleh-oleh, foto ataupun petualangan lidah.

( doc. menikmati wisata dengan menggunakan mobil goes )

kami punya beberapa contoh. Misalnya, ketika kita berlibur ke suatu desa terpencil, yang jarak rumah satu dengan yang lain cukup jauh, tetapi masyarakatnya masih menjunjung tinggi kebersamaan, saling memberi, bahkan rela berkorban, kita jadi belajar tidak menyia-nyiakan tetangga kanan-kiri kita sesampainya di rumah, kita jadi lebih banyak bersyukur atas keberadaan orang-orang yang senantiasa ada di sekitar kita. Atau contoh lain, ketika berlibur ke suatu kawasan baik pantai atau gunung yang masih ‘perawan’, kondisi alamnya masih asli dan luar biasa indah, kita jadi bisa belajar menghargai, mencintai lingkungan dengan tidak mengotorinya, dengan demikian kita bisa lebih peduli dengan alam, menjaganya dengan contohnya tidak membuang sampah sembarangan.

( doc. menikmati wisata menggunakan ” kereta tremp”)

kami termasuk beruntung dilahirkan di tengah sekolah yang menyenangkan, salah satunya punya hobi liburan. Menariknya, sekolah kami tercinta punya maksud tertentu melalui liburan yang mereka lakukan bersama kami para siswanya. Bagi mereka, liburan adalah sarana pelajaran bagi kami para murid nya untuk bisa melihat dunia luar, untuk bisa survive di tengah keterbatasan, keluar dari zona nyaman kami dan belajar melakukan hal-hal yang mungkin tidak mau saya lakukan di rumah – mengingat liburan kami bukan liburan mewah tapi liburan ala backpacker.

( menikmati wisata hasil karya gambar 3 dimensi di ” Amazing Art World Bandung “)

Selain membuat kami lebih tangguh menghadapi hidup, kami juga banyak belajar tentang perbedaan, melihat secara langsung kemajemukan bangsa ini – karena sejauh ini sih masih dalam negeri saja jalan-jalannya. orang tua kami juga sepakat bahwa dengan liburan akan merekatkan hubungan antar sesama siswa.

Liburan, meski beberapa orang menganggap hal yang sepele dan bukan termasuk hal utama untuk dilakukan, ternyata membawa dampak besar untuk orang – orang seperti kami. Tentunya melalui liburan, kami juga lebih bisa bersyukur atas nikmat dan berkat-Nya, baik karena kesempatan melihat indahnya obyek yang kami kunjungi maupun bersyukur atas keajaiban tangan-Nya menciptakannya.

Mungkin saat ini sudah saatnya Anda mengagendakan sebuah liburan bersama keluarga maupun orang-orang terkasih dan jangan langsung membantah bahwa liburan itu mahal karena liburan itu bisa dilakukan di mana saja dengan biaya yang seminimal mungkin. Mulailah explore lingkungan sekitar tempat Anda tinggal, siapa tahu ada pantai di pinggiran kota yang masih perawan dan memiliki pemandangan menakjubkan. Saya juga mengakui bahwa negeri ini bagaikan surga yang terpendam, Anda tentu tidak akan menyangka bahwa masih banyak tempat eksotis di pelosok negeri di mana Anda bisa menghabiskan waktu liburan dengan biaya hemat. Atau mungkin Anda bisa mencoba untuk camping atau hiking di daerah sekitar Anda. Liburan pun tidak selalu menghabiskan waktu berhari-hari, sehari dua hari cukup menyenangkan jika Anda bisa mengemas sendiri liburan Anda menjadi liburan yang seru.

Kalau menurut kami, jangan ditunda lagi, Waktunya kita melihat kehidupan lain di tempat-tempat yang berbeda selama kita masih diberi umur dan kesempatan. Liburan itu membawa sejuta manfaat dan yang pasti kita bisa menjadi pribadi yang lebih bahagia dan have good quality life!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back To Top
HUBUNGI KAMI VIA WHATSAPP